Strategi Sukses Menjawab Soal Literasi Bahasa Inggris UTBK SNBT

Yuk, kita belajar cara mengerjakan soal Literasi Bahasa Inggris di UTBK SNBT! Simak tips berikut ini, ya! — Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang

admin

Yuk, kita belajar cara mengerjakan soal Literasi Bahasa Inggris di UTBK SNBT! Simak tips berikut ini, ya!

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang strategi menjawab soal Literasi Bahasa Indonesia di UTBK SNBT. Nah, sekarang saatnya kita mempelajari strategi untuk mengerjakan soal Literasi Bahasa Inggris di UTBK SNBT, nih!

Contoh soal UTBK Bahasa Inggris masih memiliki beberapa kemiripan dengan contoh soal AKM Bahasa Inggris SMA, lho! Jadi, kalau kamu sudah mengenali tipe soal AKM Bahasa Inggris, mungkin kamu juga akan cukup terbiasa dengan tipe soal Bahasa Inggris UTBK.

Eits, sebelum masuk ke pembahasan, kamu harus tahu dulu nih, perbedaan antara Literasi Bahasa Inggris yang ada di UTBK SNBT nanti dengan Tes Bahasa Inggris tahun-tahun sebelumnya. Kira-kira apa perbedaannya?

Perbedaan Literasi Bahasa Inggris UTBK SNBT dengan Tes Bahasa Inggris Sebelumnya

Pada tahun-tahun sebelumnya, Tes Bahasa Inggris dibuat lebih spesifik membahas satu materi pembelajaran tertentu dalam bahasa Inggris. Jadi, soal yang membahas grammar ada bagiannya tersendiri, kemudian soal vocabulary juga ada bagiannya sendiri.

Nah, kalau di UTBK SNBT nanti, soal Literasi Bahasa Inggris akan mengemas seluruh materi pembelajaran tersebut dalam satu bacaan teks, sehingga lebih sederhana dan lebih berfokus pada penalaran.

Meskipun begitu, bukan berarti kita jadi nggak perlu belajar grammar dan vocabulary lagi, ya. Justru, kita harus tetap mempelajarinya dengan baik, supaya bisa memahami isi teks dan bisa menjawab pertanyaan tentang teks tersebut.

Baca juga: Syarat, Jadwal Pendaftaran, dan Perubahan Aturan UTBK

Selain itu, masih ada perbedaan lainnya antara Literasi Bahasa Inggris di UTBK SNBT dengan Tes Bahasa Inggris pada tahun-tahun sebelumnya. Kamu bisa simak perbedaannya pada infografik berikut.

Dapat dilihat pada gambar, jika pada UTBK tahun-tahun sebelumnya siswa lebih berfokus pada hafalan teori dan rumus, pada SNBT tahun ini, siswa akan lebih berfokus pada penalaran bagaimana mereka bisa mencerna dan mengolah informasi secara kritis.

Jadi, kita nggak harus hafal teori, tapi harus lebih teliti saat membaca dan mengerjakan soal, agar bisa mengolah informasi dengan lebih baik.

Untuk perbedaan contoh soal antara Literasi Bahasa Inggris di UTBK SNBT sekarang dan Tes Bahasa Inggris di tahun-tahun sebelumnya, bisa kamu lihat pada infografik berikut.

Dari infografik tersebut, dapat dilihat bahwa pada Tes Bahasa Inggris, soal-soal yang diajukan lebih berfokus pada mencari atau menemukan kata, frasa, vocabulary, atau grammar. Sedangkan pada Literasi Bahasa Inggris, soal yang diajukan lebih fokus meminta pembaca untuk menemukan informasi penting yang bisa diambil dari teks yang sudah dibaca.

Terus, contoh soal Literasi Bahasa Inggris itu kayak gimana, sih?

Contoh Soal Literasi Bahasa Inggris

1. Topik: Vocabulary

Coba kamu perhatikan contoh soal Literasi Bahasa Inggris pada gambar berikut, ya!

Pada contoh soal tersebut, kira-kira apa nih, jawaban yang betul menurut kamu? Yap! Jawabannya adalah A. Kenapa bisa A?

Pembahasan:

Soal ini membahas tentang vocabulary dalam teks. Jika dilihat dari soal, maka yang perlu dilakukan adalah mencari persamaan atau sinonim dari kata tersebut. Dengan demikian, persamaan atau sinonim yang tepat untuk ‘from scratch’ adalah ‘from the very beginning’.

Nah, bisa kamu lihat kan, pada contoh soal di atas, bentuk soalnya bukan yang meminta kita untuk mencari sinonim secara tersurat, namun meminta kita untuk membaca teks lalu menemukan apa sih arti dari ‘from scratch’ yang ada di teks tersebut. Jadi, kayak lebih tersirat gitu.

Kalau pada Tes Bahasa Inggris tahun-tahun sebelumnya, mungkin bentuk soalnya akan lebih tersurat seperti ini:

“What is the synonym of ‘from scratch’?” atau “Find the vocabulary with the closest meaning to ‘from scratch’!”

Kalau bentuk soalnya tersurat seperti itu, kita sebagai pembaca jadi malas membaca teks dan langsung memilih jawaban yang menurut kita benar. Iya apa iya, hayoo? Padahal kalau kita tidak membaca teks, lalu bagaimana kita bisa menemukan jawaban yang benar? Jadi, biasakan untuk selalu membaca teks dengan seksama sebelum menjawab soal, ya!

2. Topik: Irrelevant Sentence

Oke, lanjut ke contoh soal kedua yang tertera pada gambar berikut ini.

Pada contoh soal yang kedua ini, kita diminta untuk mencari sentence nomor berapa yang tidak relevan atau irrelevant dengan sentence lainnya pada teks. Menurut kamu, jawabannya yang mana?

Jawabannya yang betul adalah D.

Pembahasan:

Paragraf tersebut secara keseluruhan membahas dampak larangan kantong plastik. Pada kalimat 1 disebutkan tujuan kebijakannya. Kalimat 2 menjelaskan dampak kebijakan tersebut. Kalimat 3 menjelaskan faktor yang menyebabkan dampak di kalimat 3.

Kalimat 5 menjelaskan dampak lain kebijakan di kalimat 1. Sementara itu, kalimat 4 membahas manfaat lain plastik yang tidak ada kaitannya dengan tujuan kebijakan yang sedang dibahas.

Baca juga: Contoh Soal Tes Skolastik Literasi Bahasa Inggris UTBK 2023

Gimana? Jawaban kamu dari dua contoh soal tadi betul semua atau ada yang salah? Kalau masih ada yang salah, nggak perlu khawatir, ya, karena ada beberapa tips dan trik menjawab soal Literasi Bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan.

Tips Menjawab Soal Literasi Bahasa Inggris

Beberapa tips dan trik untuk menjawab soal Literasi Bahasa Inggris, antara lain sebagai berikut:

1. Pelajari Materi yang Belum Dikuasai

Tips pertama, kamu bisa mulai dari memetakan terlebih dahulu materi apa saja yang masih belum kamu kuasai dengan baik. Setelah itu, kamu bisa fokus mempelajari materi tersebut dengan membaca buku, menonton video belajar, atau ikut kursus di English Academy.

2. Perbanyak Membaca Teks Bahasa Inggris

Tips kedua yaitu memperbanyak membaca teks bahasa Inggris. Karena soal Literasi Bahasa Inggris SNBT/UTBK 2023 akan banyak disajikan dalam bentuk teks, maka kamu harus mulai membiasakan diri untuk membaca teks bahasa Inggris.

Kamu bisa membaca artikel, jurnal, atau berita yang ditulis dalam bahasa Inggris. Kemudian, cobalah untuk mengambil informasi penting yang terdapat di dalam teks tersebut.

3. Latihan Teknik Membaca (skimming & scanning)

Next, kamu juga bisa mempelajari dan melatih teknik membaca skimming & scanning, yaitu teknik membaca cepat. Kedua teknik ini sangat bermanfaat ketika kamu butuh membaca suatu teks panjang dengan cepat namun tetap memahami isi dari teks yang dibaca.

4. Rajin Mengikuti Tryout

Tryout adalah salah satu sarana bagi kamu untuk mengetahui seberapa paham dan seberapa cepat kamu bisa mengerjakan soal-soal SNBT/UTBK. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan mental kamu sebelum mengikuti ujian yang sesungguhnya.

5. Evaluasi Hasil Tryout

Terakhir, kamu bisa mengevaluasi hasil tryout yang telah kamu ikuti. Coba perhatikan pada materi apa saja yang belum terjawab dengan benar. Berarti selanjutnya, kamu bisa mempelajari kembali materi-materi yang masih sulit.

Itu tadi pembahasan mengenai perbedaan Literasi Bahasa Inggris UTBK SNBT mulai dari perbedaannya dengan Tes Bahasa Inggris di tahun-tahun sebelumnya, contoh soal Literasi Bahasa Inggris UTBK SNBT beserta pembahasannya, hingga tips dan trik mengerjakan.

Gimana? Sudah siap menghadapi UTBK SNBT? Ada Brain Academy yang nemenin kamu sampai masuk kampus favorit dengan fasilitas dan Master Teacher terbaik.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar