Manusia dan Kebutuhan: Definisi, Ragam, dan Contoh

1.9K Kata kebutuhan memiliki arti segala sesuatu yang dibutuhkan. Maka dari itu, kata kebutuhan manusia dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang menjadi kebutuhan manusia, atau

admin

Kebutuhan Manusia Pengertian, Macam-macam, Contoh

Kata kebutuhan memiliki arti segala sesuatu yang dibutuhkan. Maka dari itu, kata kebutuhan manusia dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang menjadi kebutuhan manusia, atau segala bentuk keinginan manusia yang harus terpenuhi sehingga tercapai kepuasan jasmani, rohani, dan keberlangsungan hidup.

Kebutuhan sendiri bisa berupa barang ataupun jasa. Ketika manusia dapat memenuhi segala kebutuhannya, maka dapat dikatakan bahwa hidupnya telah mencapai kemakmuran. Begitu juga, kemakmuran dapat terjadi bila sebagian besar kebutuhan hidup manusia terpenuhi. Namun, kemakmuran di sini tentunya tidak sama dengan kekayaan.

Macam-macam Kebutuhan Manusia

Pada dasarnya, kebutuhan manusia terbagi menjadi 4 kategori utama, yaitu menurut intensitas, sifat, subjek, dan waktu. Kemudian, dari 4 kategori utama tersebut, dapat terbagi lagi menjadi beberapa macam kebutuhan.

Kebutuhan manusia menurut intensitas

Kebutuhan manusia menurut intensitas atau berapa banyak dan sering pemakaian suatu benda dalam kehidupan sehari-hari terbagi menjadi 4 macam, yaitu kebutuhan mutlak, primer, sekunder, dan tersier.

  1. Kebutuhan mutlak
  2. Kebutuhan mutlak adalah kebutuhan yang harus terpenuhi demi tercapainya kebutuhan setiap individu untuk dapat bertahan hidup. Misalnya, kebutuhan makan dan minum.

  3. Kebutuhan primer
  4. Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan inti atau pokok. Kebutuhan ini memiliki intensitas paling tinggi daripada kebutuhan lainnya yang dibutuhkan manusia untuk bisa bertahan hidup. Contohnya, sandang (pakaian), pangan (makanan & minuman), dan papan (tempat tinggal).

  5. Kebutuhan sekunder
  6. Kebutuhan sekunder adalah jenis kebutuhan penunjang yang muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer setiap individu. Kebutuhan ini sangat beraneka ragam, tergantung setiap individu dan kemampuan mereka untuk mencapainya. Contoh kebutuhan sekunder dapat berupa hiburan, rekreasi, dan lain sebagainya.

  7. Kebutuhan tersier
  8. Berikutnya, kebutuhan tersier atau kebutuhan yang intensitasnya paling rendah. Kebutuhan ini identik pada barang atau hal-hal yang cenderung mewah. Contohnya mobil hingga perhiasan.

Kebutuhan manusia menurut sifat

Kategori kebutuhan berikutnya yaitu berdasarkan sifat, yang terbagi lagi menjadi 2 macam, yaitu kebutuhan jasmani dan rohani.

  1. Kebutuhan jasmani
  2. Kebutuhan jasmani merupakan segala kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh manusia agar dapat mempertahankan kondisi tubuhnya. Contohnya makan dan minum, tidur, dan olahraga.

  3. Kebutuhan rohani
  4. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan psikis atau kondisi jiwa. Contohnya ibadah, rekreasi, musik, dan film.

Kebutuhan Manusia Menurut Subjek

Kategori berikutnya adalah menurut subjek yang dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu kebutuhan individu dan kelompok.

  1. Kebutuhan individu
  2. Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang dapat dikatakan sangat subjektif karena bergantung pada status, aktivitas yang sering dilakukan, bahkan profesi yang dijalani oleh seseorang. Contohnya, seorang siswa yang membutuhkan buku hingga alat tulis atau seorang dokter yang membutuhkan alat kedokteran, seperti stetoskop hingga baju scrub.

  3. Kebutuhan kelompok
  4. Kebutuhan kelompok adalah suatu kebutuhan akan barang atau jasa yang secara umum diperlukan oleh masyarakat luas. Misalnya fasilitas umum yang dapat digunakan secara bersama, seperti rumah sakit, jalan raya, hingga stasiun kereta listrik.

Kebutuhan manusia menurut waktu

Kategori berikutnya adalah kebutuhan manusia menurut waktu yang terbagi menjadi 3 macam, yaitu kebutuhan mendesak, sekarang dan masa depan.

  1. Kebutuhan mendesak
  2. Kebutuhan yang berkategori mendesak, dapat menjadi kebutuhan yang tidak direncanakan sebelumnya. Kebutuhan ini dapat sewaktu-waktu muncul dan bersifat kritis, genting, atau darurat. Mudahnya, bentuk kebutuhan ini cenderung lebih memaksa untuk segera terpenuhi. Contohnya, pemenuhan kebutuhan darurat di rumah sakit seperti kebutuhan transfusi darah.

  3. Kebutuhan sekarang
  4. Kebutuhan sekarang merupakan suatu kebutuhan yang harus segera dipenuhi karena kondisi sangat penting dan mendesak untuk dapat terpenuhi. Contohnya obat atau perawatan dokter ketika sakit atau ketika ada korban bencana.

  5. Kebutuhan masa depan
  6. Kebutuhan masa depan adalah suatu kebutuhan yang akan terjadi di kemudian hari yang sifatnya tidak mendesak sehingga dapat direncanakan terlebih dahulu, tetapi biasanya perlu adanya pengorbanan saat ini. Contoh mudahnya adalah tabungan pendidikan hingga asuransi.

Faktor Pengaruh Kebutuhan Manusia

Sebagai makhluk hidup, tentunya manusia memiliki banyak kebutuhan. Tentunya, kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang tidak berdiri sendiri, tetapi saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Selain itu, faktor tersebut juga bergantung pada situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

Setidaknya ada 11 faktor yang mampu mempengaruhi kebutuhan manusia, seperti kondisi alam, keyakinan atau agama, tradisi dan adat istiadat, profesi atau pekerjaan, peradaban, penghasilan, usia, hobi, tingkat pendidikan, jenis kelamin, hingga tingkat kepuasan.

Meski sangat memengaruhi kebutuhan setiap individu, setiap faktor tersebut juga bergantung pada masing-masing individu. Artinya, setiap faktor akan berbeda pada setiap orang sesuai dengan pilihan yang lebih disukai untuk menjadi prioritas suatu kebutuhan dan keinginan yang harus terpenuhi.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Secara garis besar, keinginan adalah sesuatu hal yang tidak bersifat mengikat dan tidak punya keharusan untuk segera terpenuhi. Namun, sering kali seseorang tidak menyadari apa saja sebenarnya yang menjadi kebutuhan dan justru lebih mengutamakan keinginan.

Kata kebutuhan sendiri memiliki arti suatu bentuk barang atau jasa yang diperlukan dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang harus terpenuhi. Sementara itu, keinginan adalah segala bentuk kebutuhan yang lebih besar terhadap sesuatu yang dianggapnya masih kurang.

Alat untuk Pemenuhan Kebutuhan Manusia

Alat pemenuhan kebutuhan manusia mengarah pada suatu barang atau jasa yang mampu memenuhi atau memuaskan kebutuhan manusia. Misalnya, bagi orang yang sedang lapar, maka mereka membutuhkan makanan sebagai alat untuk dapat memenuhi kebutuhan atau memuaskannya.

Barang

Barang adalah segala sesuatu yang bersifat wujud atau nyata. Jadi, barang merupakan berbagai benda yang memiliki wujud fisik yang digunakan oleh setiap orang untuk dapat memenuhi kebutuhannya.

Ciri-ciri barang:

  • Memiliki wujud atau bentuk.
  • Mempunyai nilai dan manfaat yang dapat dirasakan apabila digunakan.
  • Jika dipakai, maka nilai, manfaat serta wujud fisiknya akan semakin menyusut dan lama-lama akan habis.

Jasa

Berkebalikan dari barang, jasa tidak memiliki bentuk fisik atau berjasad. Sebab, jasa merupakan suatu bentuk perbuatan atau tindakan yang dapat memberikan dampak atau segala sesuatu yang diperlukan oleh orang lain. Biasanya, jasa memiliki kaitan dengan suatu bentuk keterampilan yang dimiliki seseorang.

Ciri-ciri jasa :

  • Tidak berwujud sehingga tidak dapat disentuh.
  • Hanya dapat dirasakan, kepuasannya berupa batin.
  • Tidak akan pernah habis meski digunakan hingga berulang kali.

Sebagai contoh adalah jasa pengantaran barang, jasa potong rambut, jasa transportasi, jasa cuci dan setrika pakaian, antar jemput, dan berbagai bentuk jasa yang lainnya.

Demikian tadi informasi lengkap seputar kebutuhan manusia, mulai dari pengertian, berbagai jenis alat yang dipakai untuk memenuhinya, sifat kebutuhan manusia, dan contohnya yang berkaitan sehingga dapat membantu memberikan pemahaman yang lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Tags

Baca Juga

Tinggalkan komentar